JENIS TEXT : DISCUSSION TEXT

3:55:00 PM
A. Pengertian Discussion Text

     Diskusi adalah sebuah proses mencari titik temu antara dua pemikiran, pandangan atau pendapat yang berbeda. Dan Discussion Text bisa di definisikan sebagai sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana yang bermasalah. Wacana yang bermasalah ini adalah wacana yang memiliki dua kubu antara Pro (mendukung) dan Contra (penentang), antara pendukung isu dan penentang isu. Masalah yang dihadirkan dalam Discussion Text nantinya akan didiskusikan berdasarkan dua sudut pandang tersebut (Point of View) tersebut, Pro (pendukung) dan Contra (penentang).



B. Tujuan Komunikarif Discussion Text


    Tujuan komunikatif dari Discussion Text itu sendiri adalah untuk mengetengahkan suatu masalah atau isu yang ditinjau paling tidak dari dua sudut pandang, sebelum sampai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi. 



C. Struktur Kebahasaaan Discussion Text

   Dalam Discussion text, terdapat empat struktur kebahasaan yang terlihat dari ide pokok setiap paragraf dalam Discussion Text sebagai bahan pembentuk teks-nya, yaitu:

1. Issue 
   Issue terletak di paragraf pertama yang berisi penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan.

2. Supporting Points
   Dalam bagian ini, kami menghadirkan pendapat yang mendukung isu. Di setiap paragraf Supporting Point terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

3. Contrasting Points
    Dalam bagian ini, kami menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan. Seperti dalam paragraf Spportin Point, Contrasting Points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

4. Conclunlusion or Recommendation
  Dalam bagian ini kami menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasikan dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan di atas.



D. Ciri Kebahasaan Discussion Text
   Di dalam membuat Discussion Text, kami harus memperhatikan penggunaan bahasa yang biasa diterapkan, seperti:

1. Menggunakan simpel present tense

2. Menggunakan modalites, seperti must, should, would, may, etc.

3. Menggunakan additive, contrastive, dan casual connection, seperti similiary, however, furthemore, on the other hand, etc.


E. Contoh Discussion Text
   Untuk menambah dan melengkapi penjelasan di atas tentang Discussion Text, sengaja kami sertakan contoh Discussion Text beserta terjemahannya berikut ini. 

The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power

Issue : 

Nuclear power is generated by using uranium which is a metal mined in various part of the world. The first large scale of nuclear power station was opened at Calder Hall in Cumbria, England in 1956.

Supporting Point :

Some military ships and submarines have nuclear power plant for engine. Nuclear power produces around 11% of the world's energy needed, and produces huge amounts of energy. It cause no pollution as we would get when burning fossil fuels. The advantages of nuclear plant are as follow:

- It costs about the same coal, so it is not expansive to make. 

- It does not produce smoke or carbon dioxide, so it does not contribute to the greenhouse effect. 

- It produces huge amounts of energy from small amount of uranium. 

- It produces small amount of waste. 

- It is reliable. 

Contrasting Point : 

On the other hand, nuclear power is very, very dangerous. It must be sealed up and buried for many years to allow the radioactivity to die away. Furthermore, although it is reliable, a lot of money has to be spent on safety because if it does go wrong, a nuclear accident ca be a major accident.

Conclusion or Recomendation 

People are increasingly concerned about this matter. In the 1990's nuclear power was the fastest growing source of power in many parts of the world.





Thanks For Your Attention...
And Give Me +Google For Supporting...

Sumber : JENIS TEXT BAHASA INGGRIS

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan tambahkan komentar untuk bertanya. EmoticonEmoticon